Solusi Melancarkan Haid dengan Jamu Alami

Jamu Racikan - Solusi Melancarkan Haid, banyak orang mencari Solusi Melancarkan Haid dengan Bahan Alami tapi tidak ketemu dengan penjelasan yang di inginkan. Nah di posting ini akan saya share Cara Melancarkan haid dengan bahan alami.
Solusi Melancarkan Haid dengan Jamu Alami
Solusi Melancarkan Haid dengan Jamu Alami 
Menstruasi, datang bulan, atau haid merupakan suatu keadaan yang dialami oleh setiap wanita. Menstruasi biasanya dimulai saat anak gadis beranjak dewasa atau mencapai usia pubertas. Menstruasi atau haid terjadi akibat peluruhan dinding rahim. Setiap bulannya, tubuh akan membentuk dinding rahim sedemikian rupa agar rahim siap saat terjadi kehamilan. Bila tidak terjadi kehamilan, maka dinding rahim ini akan luruh dan keluar sebagai menstruasi. Haid atau datang bulan ini terjadi minimal sekali dalam sebulan atau bahkan lebih.

Siklus menstruasi setiap perempuan berbeda-beda. Menstruasi atau haid biasanya berlangsung antara 3-5 hari, walaupun beberapa wanita mengalaminya dalam waktu yang lebih singkat atau lebih lama. Hal ini masih merupakan hal yang wajar.

Keluhan saat Menstruasi

Nyeri Perut Saat Mens
Nyeri atau kram perut saat menstruasi dapat terjadi saat rahim anda berkontraksi untuk mengeluarkan dinding rahim yang telah luruh dari dalam tubuh anda. Tidak semua perempuan mengalami nyeri atau kram perut. Untuk mengatas rasa nyeri atau kram di perut anda, anda dapat menggunakan obat anti nyeri.

Menjadi lebih Emosional
Perubahan mood dan emosi selama menstruasi merupakan hal normal yang sering terjadi, disebut juga sindrom premenstrual (gejala saat akan haid). Hal ini disebabkan oleh perubahan kadar hormon penyebab menstruasi di dalam tubuh. Akan tetapi, tidak setiap perempuan mengalami perubahan emosional selama menstruasi.

Sindrom premenstrual yang terjadi biasanya menyebabkan beberapa hal di bawah ini :
  • Mudah marah
  • Mudah tersinggung
  • Perut kembung
  • Buah dada terasa keras dan nyeri
  • Konstipasi
Penyebab haid tidak lancar atau telad datang bulan :

Stress
Salah satu bagian otak yaitu hypothalamus sangat terpengaruh oleh stress. Hypothalamus merupakan hormon yang mengatur periode haid. Maka dari itu ketika Anda mengalami stres maka tentu saja akan memberikan dampak pada kelancaran haid anda.

Penyakit
Haid yang tidak lancar dan tidak teratur bisa saja disebabkan oleh penyakit seperti jamur. Bisa saja karena jarang haid malah mengakibatkan tumor.

Penurunan berat badan yang drastis
Anda dalam program diet atau berat badan turun dengan drastis? Hal ini bisa memberikan dampak pada jadwal haid Anda. Hati-hati, Anda bisa saja terkena anoreksia atau bulimia.

Gangguan kelenjar Tiroid
Penyebab haid tidak lancar bisa juga disebabkan karena adanya gangguan pada kelenjar tiroid Anda. Kelenjar tiroid yang terdapat pada leher, mengatur metabolisme tubuh Anda. Kelenjar ini penting karena juga berinteraksi dengan banyak sistem tubuh yang lain agar berjalan dengan semestinya. Tetap, ketika terjadi ketidakseimbangan pada kelenjar tiroid, maka hal ini dapat berpengaruh pada jadwal haid.

Hormon tidak seimbang
Hormon yang tidak stabil atau seimbang juga dapat menjadi penyebab haid tidak lancar. Tentu saja hal ini dikarenakan haid merupakan hasil kerjasama antara otak, kandung telur, kelenjar di otak, serta kelenjar tiroid. Bila salah satu komponen tersebut tidak beres, maka jadwal haid akan terganggu.

Untuk mengatasi haid yang tidak lancar ini, ada cara melancarkan haid yang bisa Anda coba agar haid lancar atau kembali lancar. Hal ini berguna bagi Anda yang haidnya terlambat 2 bulan hingga 4 bulan atau lebih.

Solusi melancarkan haid dengan bahan jamu alami

1. Konsumsi Jamu racikan Kunyit Asam
Jamu pelancar haid yang pertama dianjurkan untuk Anda konsumsi adalah jamu racikan kunyit asam. Jamu kunyit asam sering diminum saat haid karena jamu kunyit asam sudah terbukti sejak zaman dulu. Jamu ini pasti di rekomendasikan pertama kali oleh orang-orang terdekat kita yang sudah tua (sepuh). Didalam jamu racikan kunyit asam terdapat berbagai kandungan berkhasiat. Kandungan didalam kunyit yang dapat Anda temukan yaitu curcuminoid dimana kandungan ini dipercaya cukup efektif untuk membantu mengangkat sel-sel asing pada tubuh sekaligus juga menjadi detoksifikasi alami.

Baca juga :
2. Konsumsi Ramuan Jahe Merah untuk Memperlancar haid
minyak esensial pada jahe khusus nya jahe merah dapat memperlancar aliran darah dengan kata lain Jahe merah juga bisa menjadi bahan jamu racikan untuk mengatasi masalah haid. Kandungan jahe merah juga membantu mengatasi persoalan haid lainnya seperti mengurangi muntah, mual, dan kram perut. Persoalan-persoalan tersebut kerap menyertai pada saat datangnya haid.

Jahe merah terbukti dapat mengurangi rasa sakit saat haid. Rasa nyeri tersebut disebabkan oleh kontraksi uterus karena pelepasan hormon tertentu saat haid. Zat gingerol dalam jahe merah menghambat produksi hormon penyebab kram perut.
Cara membuat Jamu racikan jahe merah sangat mudah. Tumbuklah jahe dan masukkan pada air yang telah mendidih. Setelah warna air berubah karena tercampur jahe, tambahkan madu secukupnya. Minum secara teratur sampai haid lancar.

3. Minum Air rebusan asam jawa
Didalam air rebusan asam jawa akan Anda temukan kandungan potasium yang cukup tinggi. Hal ini tentu menjadikan air asam jawa sangat baik untuk membantu Anda mempercepat proses peluruhan sel endometrium dan membantu meredakan kontraksi yang terjadi pada otot rahim.
Ramuan air asam jawa yang Anda konsumsi bahkan berguna memberikan efek astringent yang sangat baik dalam meredakan masalah yang berkaitan dengan haid.

4. Minum Air kelapa hijau (muda)
Tidak asing dengan air kelapa hijau kan? Jenis air kelapa yang satu ini memang sangat popular sebagai penawar racun. Air kelapa hijau mengandung senyawa laurat yang dapat membantu melawan berbagai macam racun dan penyakit. Senyawa laurat ini berfungsi sebagai anti-bakteri, anti-jamur, dan anti-virus. Juga mengandung banyak sekali gizi yang diperlukan dalam tubuh sehingga dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan gizi yang diperlukan oleh tubuh. Maka tentu tidak salah jika air kelapa muda dapat dijadikan sebagai cara melancarkan haid.

5. Konsumsi Kayu Manis - mengatur kelancaran siklus haid
Salah satu ramuan tradisional pelancar haid yang terakhir adalah kayu manis. Kayu manis mengandung hydroxychalcone yang berkhasiat mengatur insulin dalam tubuh. Insulin merupakan hormon yang bertugas mengatur glukosa darah dan metabolisme tubuh. Dengan insulin yang diproduksi secara teratur, siklus haid Anda juga akan teratur.

Cara membuat ramuan kayu manis ini juga mudah. Gilinglah beberapa batang kayu manis dan simpan dalam wadah yang tertutup rapat. Campurkan setengah sendok teh bubuk kayu manis dalam segelas susu. Anda dapat juga mencampurkan satu batang kayu manis pada teh yang masih panas

Catatan : Disamping Solusi Melancarkan Haid dengan Bahan Alami di atas, anda janganlah melupakan pola hidup sehat. Yaitu dengan tetap aktif berolah-raga, konsumsi makanan dengan nilai gizi seimbang dan istirahat yang cukup. Mohon share artikel dan subscribe jika tulisan cara melancarkan haid ini bermanfaat, Terima kasih ..

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Solusi Melancarkan Haid dengan Jamu Alami"

Posting Komentar