Ternyata ini Manfaat Brotowali untuk Kesehatan Badan

Jamu Racikan - Ternyata ini Manfaat Brotowali untuk Kesehatan Badan, Meskipun brotowali di kenal jamu pahit namun Manfaat dan Khasiat brotowali membuat brotowali menjadi bahan jamu unggulan. Khasiat dan manfaat brotowali untuk kesehatan di nilai sangat ampuh untuk melawan berbagai macam penyakit dan alergi.

Tanaman brotowali atau disebut juga bratawali,batang wali atau antawali adalah tanaman obat tradisional Indonesia yang biasa ditanam di pekarangan atau tumbuh liar di hutan.
Manfaat brotowali dan khasiatnya
Manfaat Brotowali untuk kesehatan
Tumbuhan ini menyukai tempat panas, menjalar, tinggi batang sampai 2,5 m. Batang sebesar jari kelingking, dan berbintil-bintil rapat. Berdaun tunggal, bertangkai, berbentuk seperti jantung atau agak bundar seperti telur dengan ujung lancip, panjang sekitar 7-12 cm, lebar 5-10 cm, bunga kecil, berwarna hijau muda. Untuk menanam atau membudidayakan brotowali ini juga sangat mudah karena bisa di tanam dengan cara di stek.

Kandungan Brotowali

Brotowali sudah menjadi icon dalam dunia jamu di Indonesia, bersaing ketat dengan Daun sambiloto karena menjadi bahan utama untuk membuat jamu pahitan atau jamu racikan tradisional lainnya. Bahan jamu yang satu ini terkenal karena manfaat dan kegunaan brotowali untuk kesehatan sudah banyak riset yang membuktikan kebenarannya.

Baca Juga : Manfaat Jamu Pahitan

Brotowali mengandung banyak senyawa kimia, kandungan tersebut antara lain alkaloid (yang terkandung di akar dan batang), damar lunak, pati, glikosida pikroretosid, zat pahit pikroretin, hars, berberin, palmatin, kolumbin (akar), dan kokulin. Sifat-sifat senyawa yang terkandung di dalam brotowali sangatlah di perlukan tubuh untuk melawan penyakit.
Ternyata ini Manfaat Brotowali untuk Kesehatan Badan
Manfaat Brotowali
Berikut beberapa sifat senyawa kimia brotowali yang paling banyak kita manfaatkan
  • Imunologi berfungsi untuk menstimulasi sistem imun tubuh.
  • Anti alergik untuk mengurangi akibat alergi.
  • Antiporotik untuk kepadatan tulang.
  • Antipiretik sebagai penurun panas.
  • Analgesik sebagai penghilang rasa sakit.
  • Antioksidan sebagai perlindungan dari radikal bebas.
  • Antidepresan berfungsi untuk menghambat aktivitas monoamine oxidase.
  • Antidiabetik berfungsi untuk mengontrol gula darah.
  • Antineoplastik berfungsi sebagai pencegah kanker dan tumor.

10 Manfaat dan Kegunaan utama Brotowali untuk kesehatan badan

Manfaat Brotowali untuk Kesehatan Badan
Setelah mengetahui berbagai kandungan lengkap di dalamnya, sekarang giliran anda juga untuk mengetahui apa saja manfaat dari brotowali. Dan berikut khasiat brotowali bagi kesehatan hingga kecantikan lengkap dengan cara penggunaannya.

1. Mempercepat penyembuhan luka
Manfaat brotowali yang pertama adalah dapat mempercepat penyembuhan luka. Kandungan alkaloid, barberin dan columbina diketahui berfungsi sebagai pembunuh bakteri dalam luka. Adapun untuk pemanfaatan brotowali dalam penyembuhan luka bisa dilakukan dengan menumbuk beberapa lembar daun briotowali segar yang telah di cuci sebelumnya hingga lumat. Setelah itu, tempelkan pada luka. Selain itu, anda juga bisa mencuci luka dengan air rebusan batang brotowali yang juga di percaya mampu mempercepat penyembuhan luka.

2. Mengobati penyakit kulit
manfaat bratawali yang kedua bisa mengobati penyakit kulit. Penyakit kulit seperti kudis dan juga berbagai penyakit kulit lainnya juga bisa diatasi dengan menggunakan tanaman brotowali ini. Adapun untuk pemanfaatannya, anda bisa menumbuk beberapa lembar daun brotowali, kemudian campur dengan belerang dan minyak kelapa ke dalamnya. Kemudian oleskan pada daerah yang terkena scabies dan lakukan hal ini secara teratur.

3. Mengobati diabetes
manfaat brotowali yang selanjutnya sebagai obat diabetes. Penyakit diabetes adalah penyakit kronis yang mana jika tidak mendapatkan penanganan dapat berdampak pada kematian. Dan ternyata brotowali juga bisa dimanfaatkan untuk menangani diabetes. Anda tahu mengapa? ya, karena didalamnya terkandung sifat antidiabetik yang kuat, sehingga mampu membantu mengontrol gula darah. Untuk pemanfaatannya, anda bisa rutin mengonsumsi ramuan rebusan batang brotowali, daun smbikloto serta daun kumis kucing sebanyak 2 kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Menurunkan demam
kegunaan brotowali yang lain adalah dapat menurunkan demam. Kandungan antipireutik dan juga analgesik yang terkandung didalamnya mampu membantu menurunkan demam. Caranya yaitu dengan mengonsumsi air rebusan batang brotowali yang telah dicampur dengan madu. Madu sendiri berfungsi untuk mengurangi rasa pahit dari air rebusan tersebut.

5. Menambah nafsu makan
Khasiat brotowali salah satunya dapat menambah nafsu makan. Brotowali juga bisa menjadi suplemen vitamin penambah nafsu makan alami. Adapun untuk caranya, anda bisa meminum air rebusan daun brotowali. Jika perlu, anda bisa menambahkan madu ke dalam air rebusan tersebut untuk mengurangi rasa pahitnya.

6. Mengobati rematik
Kegunaan brotowali selanjutnya sebagai obat reumatik. Rematik adalah sejenis penyakit radang sendi yang umumnya di sebabkan oleh kekebalan tubuh kita sendiri yang gagal melawan virus, bakteri dan jamur sehingga malah menyerang sel sehat. Adapun untuk mengatasi rematik, anda juga bisa memanfaatkan tanaman brotowali. Caranya, anda bisa mengonsumsi 1/2 gelas hasil rebusan batang brotowali sehari sebanyak 2 kali dalam sehari. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa melakukannya secara teratur.

7. Mengobati gatal di tubuh
Manfaat brotowali juga bisa mengobati gatal di tubuh. Gangguan kulit yang gatal pada umumnya sering kali menyerang anak maupun dewasa. Tentunya kondisi tersebut sangat tidak nyaman sehingga tak jarang kita menggaruknya dan mengakibatkan iritasi serta luka lecet pada kulit. Adapun untuk mengatasi masalah tersebut, anda bisa mengatasinya secara tradisional dengan cara berendam dalam air hangat, dengan hasil rebusan dari daun brotowali dan juga belerang. Dan lakukan ini selama 20 menit.

8. Mengobati malaria
Kegunaan brotowali bisa sebagai obat penyakit malaria. Malaria merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh parasit plasmodium. Adapun penularannya adalah dengan perantara nyamuk. Sehingga perlu penangan secepatnya, salah satunya dengan menggunakan ramuan herbal tanaman brotowali. Caranya cukup dengan mengkonsumsi ramuan hasil rebusan daun brotowali yang dicampur dengan madu sebanyak 3 kali sehari.

9. Merangsang kinerja urat syaraf
Khasiat bratawali yang lain sebagai perangsang urat syaraf. Selain dapat memberikan rasa pahit, kandungan zat pikroretin yang terdapat didalam tanaman brotowali juga mampu merangsang kinerja urat saraf pada saluran pernafasan. Hal ini juga diketahui dapat menurunkan suhu tubuh yang panas.

10. Sebagai antitumor
Manfaat brotowali juga sebagai anti tumor. Pada tahun 1998, seotang ahli tumor yang berasal dari India mengadakan uji coba pada seekor tikus dengan menggunakan ekstrak brotowali. Dan hasilnya menunjukkan bahwasannya manfaat dari brotowali ini memiliki sifat sitotoksik terhadap kanker serviks yang hampir sama dengan obat yang digunakan untuk mengatasi tumor. Sementara, penelitian pada manusia menunjukkan bahwasannya ekstrak brotowali mampu mengobati kanker hati.

Catatan :
Setelah kita tahu Manfaat dan khasiat brotowali untuk kesehatan badan, kita tidak boleh mengkonsumsi jamu brotowali setiap hari. Dan sebelum membuat jamu racikan di sarankan untuk konsultasi dengan ahli (ahli herbal) di karenakan kebutuhan takaran setiap orang berbeda.

Mohon share jika artikel ini bermanfaat, Terima Kasih.

Postingan terkait: