13 Manfaat Daun Sambiloto untuk Melawan Penyakit

Jamu racikan - Manfaat daun sambiloto, banyak sekali Manfaat daun Sambiloto yang di butuhkan untuk kesehatan. Di zaman millenial ini banyak di temukan berbagai macam penyakit, maka dari itu kamu harus tahu Manfaat tanaman Sambiloto supaya bisa membuat jamu untuk menangkal penyakit yang menyerang tubuh kita. sebelum membaca lebih dalam tentang manfaat daun sambiloto, kamu harus tahu latar belakang tanaman sambiloto. Supaya bisa membudidayakan di rumah dan tidak repot mencari bahan untuk membuat jamu racikan sendiri di rumah.
13 Manfaat Daun Sambiloto untuk Melawan Penyakit
Manfaat daun sambiloto
Tanaman Sambiloto adalah tumbuhan liar yang banyak tumbuh di kebun, tepi sungai, di pekarangan, tanah terbuka yang lembab dan tempat-tempat terbuka lainnya. Tumbuhan ini mudah ditemukan pada dataran rendah sampai dataran dengan ketinggian 1600 mdpl (meter diatas permukaan laut). Tumbuhan liar yang sudah lama diketahui memiliki khasiat obat ini konon berasal dari daerah Asia Tropis. Sambiloto merupakan tumbuhan herbal semusim yang termasuk dalam famili Acanthaceae.

Kandungan utama daun sambiloto adalah andrographolide yang berguna sebagai bahan obat. Disamping itu, daun sambiloto mengandung saponin, falvonoid, alkaloid dan tanin. Kandungan kimia lain yang terdapat pada daun dan batang adalah laktone, panikulin, kalmegin dan hablur kuning yang memiliki rasa pahit. Semua bagian tanaman sambiloto, seperti daun, batang, bunga dan akar, terasa sangat pahit jika dimakan atau direbus untuk diminum. Rasa pahit itu disebabkan oleh adanya senyawa andrographolid yang banyak terdapat di dalam tanaman sambiloto, terutama bagian daun dan batangnya.

Baca Juga : Manfaat brotowali untuk kesehatan

Daun dan percabangannya mengandung laktone yang terdiri dari deoksiandrografolid, andrografolid (zat pahit), neoandrografolid, 14-deoksi-11-12-didehidroandrografolid, dan homoandrografolid. Juga terdapat flavonoid, alkane, keton, aldehid, mineral (kalium, kalsium, natrium), asam kersik, dan damar. Flavotioid diisolasi terbanyak dari akar, yaitu polimetoksiflavon, andrografin, panikulin, monometilwithin, dan apigenin-7,4- dimetileter. Zat aktif andrografolid terbukti berkhasiat sebagai hepatoprotektar (melindungi sel hati dari zat toksik). Dengan banyaknya kandungan positif sebagai obat herbal alami, maka tanaman sambiloto ini sering di pakai untuk membuat Jamu tradisional yang sering kita sebut jamu pahitan ataupun untuk membuat obat modern zaman now. Berikut Manfaat Daun Sambiloto untuk melawan penyakit.

13 Manfaat Daun sambiloto untuk kesehatan tubuh

1. Sebagai Obat Flu
Manfaat daun sambiloto yang pertama adalah sebagai obat flu. Ketika terjadi perubahan cuaca tak jarang diiringi juga dengan menurunnya daya tahan tubuh kita, jika sudah demikian, maka potensi untuk terjangkit flu terbuka lebar. Dan jika anda sudah terlanjur terserang flu, ada baiknya mencoba pengobatan herbal atau tradisional terlebih dahulu, agar tidak melulu mengkonsumsi obat kimia yang tentunya mengandung efek samping.

Daun sambiloto ternyata berkhasiat juga untuk mengobati flu. Caranya, siapkan bubuk daun sambiloto kering sekitar 1 gram, lalu diseduh dengan air panas ke dalam cangkir. minum sekaligus setelah dingin, Jika perlu minum 3 sampai 4 kali sehari.

2. Sebagai Penurun Demam/Panas
Manfaat daun sambiloto yang kedua adalah sebagai penurun panas. Ketika anda demam, jangan buru-buru minum obat, ya. Coba minum dulu minum air putih yang banyak sembari siapkan ramuan sambiloto sebagai berikut. Siapkan 1 genggam daun sambiloto segar, lalu tumbuk. Setelah ditumbuk, tambahkan air sekitar 1/2 gelas. Saring lalu minum sekaligus sampai habis. Atau anda bisa juga menggunakannya untuk obat luar. Caranya, daun segar yang digiling tadi bisa di letakan di dahi sebagai kompres.

Baca Juga : Manfaat Jamu pahitan

3. Mengobati Batuk Rejan
manfaat daun sambiloto selanjutnya adalah untuk mengobati batuk rejan. Batuk rejan (pertusis) adalah batuk yang biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri pada paru serta saluran pernapasan. Dan karena batuk ini disebabkan oleh infeksi bakteri, maka batuk ini mudah menular. Ciri batuk rejan adalah batuk yang keras dan berlangsung terus menerus. Biasanya diawali dengan tarikan napas yang panjang lewat mulut. Batuk ini kadang bisa menyerang seseorang hingga selama tiga bulan.

Daun sambiloto ternyata bisa juga digunakan untuk mengobati batuk rejan, lho. Caranya, Sediakan daun sambiloto segar sebanyak 5 hingga 7 lembar, lalu seduh dengan 1/2 gelas/cangkir air panas. Setelah itu, tambahkan madu secukupnya sembari diaduk. Minum segera setelah dingin. Jika perlu minum 3x sehari.

4. Obat Tifus
Khasiat daun sambiloto selanjutnya adalah untuk obat tifus. Tifus atau di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan awam “tipes”, atau biasa juga disebut demam tifoid adalah penyakit yang terjadi dikarenakan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi. Biasanya bakteri tersebut menjangkit melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi.

Penderita tifus biasanya menunjukan gejala setelah 1 hingga 3 minggu terinfeksi. Gejala yang muncul biasanya demam tinggi, diare atau konstipasi, sakit kepala, dan sakit perut. Adapun cara pengobatan penyakit ini dengan menggunakan daun sambiloto adalah dengan menyiapkan 10 hingga 15 lembar daun sambiloto untuk direbus dengan dua gelas air hingga mendidih. Biarkan mendidih hingga air berkurang setengahnya (kira0kira saru gelas). Minum air rebusan tersebut selagi hangat.

5. Mengatasi Diabetes
Kegunaan daun sambiloto selanjutnya adalah sebagai penangkal diabetes. Diabetes kini tidak hanya menyerang mereka dengan usia 40 atau 50 tahun ke atas. Ada juga orang-orang usia 20-an yang kini menderita penyakit ini. Gaya hidup yang tidak sehat serta kurangnya porsi olahraga mungkin menjadi pemicu timbulnya penyakit ini. Bagi anda penderita diabetes, mungkin bisa mencoba ramuan daun sambiloto berikut ini.

Siapkan segenggam daun sambiloto lalu cuci bersih. Rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih, dan biarkan hingga air tersisa sekitar 2 gelas. Saring menggunakan saringan teh, minum setelah makan.

6. Pencegah dan Pereda Asam Urat
Manfaat daun sambiloto yang lain adalah sebagai obat pencegah asam urat. Penyakit asam urat (gout) adalah suatu penyakit yang ditandai dengan pembengkakan serta rasa panas di persendian, kondisi ini biasanya menimbulkan rasa nyeri yang tidak tertahankan. Sebetulnya semua persendian di tubuh manusia bisa terjangkit asam urat, tapi bagian tubuh yang paling sering terjangkit adalah sendi jari tangan, pergelangan kaki, lutut, serta jari kaki.

Daun sambiloto bisa dibuat ramuan untuk mengobati penyakit ini. Caranya, Sediakan beberapa lembar daun sambiloto dan beberapa ruas kunyit. Rebus keduanya dengan segelas air, didihkan, lalu dinginkan. Minum teratur agar asam urat tidak berani menghampiri lagi.

7. Anti Malaria
Kegunaan daun sambiloto selanjutnya adalah sebagai obat Malaria. Malaria adalah jenis penyakit infeksi yang disebabkan oleh parasit Plasmodium. Parasit tersebut banyak ditemukan di negara dengan iklim tropis dan sub-tropis, termasuk Indonesia. Sebetulnya ada lima jenis Plasmodium yang berpotensi menyerang manusia. Namun Plasmodium falciparum, Plasmodium vivax, dan Plasmodium falciparum lah yang paling berbahaya, mengapa? karena dapat menyebabkan kematian.

Buatlah ramuan daun sambiloto untuk mengobati malaria dengan cara sebagai berikut. Siapkan segenggam daun sambiloto, lalu rebus dengan empat gelas air, dan biarkan mendidih hingga menjadi 2 gelas. Setelah itu saring dan minumlah secara teratur (3 kali sehari sebanyak ½ gelas) hingga kondisi membaik.

8. Sebagai Obat Radang Paru
Khasiat sambiloto selanjutnya adalah sebagai obat radang paru. Radang paru bisa disebabkan oleh virus, bakteri, dan jamur. Penyakit ini sangat berbahaya karena di Indonesia, radang paru merupakan penyakit penyebab kematian ketiga setelah penyakit kardiovaskuler dan tuberkolosis. Radang paru bisa terjadi karena penghirupan mikroorganisme dari udara yang tercemar, bisa juga karena aliran darah dari infeksi yang terjadi di organ tubuh yang lain, atau perpindahan organisme langsung dari infeksi yang terjadi dekat paru-paru.

Untuk pengobatan radang paru, daun sambiloto bisa diolah dengan cara berikut. 9 hingga 15 gram daun yang sudah dikeringkan direbus dengan 3 gelas air, didihkan sampai tersisa 1 gelas. Saring setelah dingin, dan minum air rebusannya sebanyak 2 kali dalam sehari (1/2 gelas setiap kali minum).

9. Meringankan Hingga Meredakan Radang Tenggorokan
Daun sambiloto bisa juga untuk meredakan tenggorokan. Penyebab radang tenggorokan terbagi kedalam dua golongan umum, yaitu penyebab infeksi, yaitu yang disebabkan oleh virus dan bakteri, serta penyebab non-infeksi, adalah yang disebabkan oleh alergi, iritan, atau tumor. Namun yang paling sering terjadi adalah infeksi karena virus. Terkena radang tenggorokan sudah pasti menimbulkan perasaan sakit dan tidak nyaman; perasaan panas dalam, sakit menelan, dan kadang pening seringkali menyertai kehadiran si radang.

Baca Juga : Manfaat Kencur

Jangan khawatir, daun sambiloto siap membantu anda mengusir si radang. Caranya siapkan 1 gram daun sambiloto yang sudah dalam bentuk bubuk untuk diseduh dengan air panas. Minum ketika sudah dingin. Konsumsi 3 sampai 4 kali sehari jika perlu.

10. Mempercantik Wajah
Khasiat lain daun sambiloto bisa untuk mempercantik wajah anda. Untuk anda kaum hawa, daun sambiloto juga bisa dipakai untuk mempercantik kulit lho, coba haluskan beberapa helai daun sambiloto. Lalu simpan hasil tumbukan sambiloto dtersebut ke dalam kain untuk kemudian diletakkan pada bagian kulit yang anda inginkan (terutama wajah).

11. Anti Jerawat
Kesal dengan jerawat yang kerap datang tanpa diundang? Coba manfaatkan khasiat daun sambiloto untuk mengusir jerawat anda. Daun sambiloto memiliki sifat antibakteri yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Anda bisa memanfaatkan daun sambiloto sebagai obat luar maupun obat dalam.

Untuk menggunakannya sebagai obat luar, anda harus membuat ekstraknya terlebih dahulu. Caranya mudah, cukup siapkan beberapa helai daun sambiloto lalu cuci hingga bersih. Setelah itu haluskan daun hingga terbentuk ekstrak yang bisa langsung anda oleskan sebagai obat jerawat di wajah anda. Sedangkan untuk digunakan sebagai obat dalam, anda bisa meminum rebusan daun sambiloto.

12. Flek Hitam di Wajah
Khawatir dengan maraknya isu bahan kimia berbahaya di dalam krim wajah? Padahal anda perlu untuk menyamarkan atau bahkan menghilangkan flek hitam di wajah? Pakai cara tradisional saja kalau begitu. Selain murah, bebas efek samping, juga membuat anda merasa tenang karena anda tidak membiarkan bahan kimia berbahaya meresap ke dalam kulit wajah anda. Caranya? Contek cara membuat ramuan untuk mempercantik wajah di poin 12 di atas ya, dijamin flek hitam tidak betah berlama-lama di wajah anda.

13. Mengatasi Keputihan
Daun sambiloto juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan organ intim wanita, khususnya untuk mengatasi keputihan. Jika selama ini anda memiliki masalah keputihan, mungkin ada baiknya anda mencoba daun sambiloto sebagai solusinya. Caranya, rebus dalam 3 gelas air, 30 gram daun sambiloto kering dan sirih secara bersamaan, masak hingga mendidih lalu dinginkan. Gunakan larutan tersebut untuk membersihkan area kewanitaan anda 2 kali sehari untuk menjaga kesehatannya serta menghindari keputihan berlebih.

Baca Juga : Jamu Melancarkan Haid

Catatan :
Meskipun kita tahu Manfaat Daun Sambiloto tetap berkonsultasilah dengan orang yang lebih ahli (ahli herbal) sebelum mengkonsumsi daun sambiloto karena setiap takaran kebutuhan setiap orang berbeda-beda. Mohon share jika artikel ini bermanfaat, Terima kasih..

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "13 Manfaat Daun Sambiloto untuk Melawan Penyakit"

Posting Komentar