7 Manfaat Kencur untuk Badan

Jamu Racikan - Manfaat Kencur untuk badan, Manfaat kencur untuk badan sangatlah banyak. Banyak riset membuktikan bahwa manfaat kencur bisa mengatasi berbagai macam keluhan kesehatan kita. Kencur juga mengandung banyak zat dan nutrisi yang berguna untuk kesehatan dan kecantikan.

Kencur merupakan salah satu jenis tanaman obat tradisional yang tumbuh di daerah dataran rendah. Tanaman kencur dapat mudah tumbuh di daerah dataran pegunungan yang tanahnya subur dan gembur. Kencur ini merupakan jenis tanaman temu-temuan. Kencur biasanya digunakan sebagai bumbu masakan dan bahan untuk Jamu racikan tradisional beras kencur. Tanaman ini memiliki daging umbi yang lunak dan berwarna putih, tidak berserat dan memiliki warna kulit coklat.
7 Manfaat Kencur untuk Badan
7 Manfaat Kencur untuk Badan
Didalam kencur banyak terdapat nutrisi dan gizi yang dibutuhkan untuk kesehatan dan kecantikan seperti pati sebanyak 4.14%, mineral 13.73%, minyak astiri seperti sineol, asam metil kanil, penta dekaan, asam sinamat, etil ester, borneol, kamphene, paraeumarin, asam anisat, alkaloid, dan gom. Kandungan-kandungan yang disebutkan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Selain itu, juga digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan dan berbagai penyakit lainnya.

Baca Juga :
Cara membuat Jamu beras kencur
Jamu setelah melahirkan

7 Manfaat Utama Kencur untuk Kesehatan Tubuh

1. Mengobati Sakit Kepala
Khasiat kencur yang pertama adalah bisa mengobati sakit kepala. Sakit kepala bisa diatasi dengan mengonsumsi kencur secara teratur. Karena kandungan yang ada didalamnya akan menghilangkan rasa nyeri di kepala

2. Sebagai Antioksidan
Manfaat kencur yang kedua adalah sebagai antioksidan. Tubuh memerlukan antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang membahayakan tubuh. karena jika dibiarkan, radikal bebas bisa menyebabkan munculnya kanker dan tumor serta berbagai penyakit berbahaya lainnya. Kandungan antioksidan pada kencur bisa membantu meningkatkan antioksidan di dalam tubuh.

3. Meredakan Masuk Angin
Khasiat kencur salah satunya adalah mampu meredakan masuk angin. Cuaca yang tidak menentu bisa membuat Anda mudah terserang berbagai penyakit. Apalagi jika cuaca dingin yang bisa membuat Anda masuk angin. Dengan mengonsumsi kencur bisa mengurangi rasa masuk angina yang Anda alami.

4. Mengobati Nyeri
Kencur bermanfaat sebagai obat nyeri saat terjadi luka. Minyak atsiri yang terkandung di dalam kencur bisa Anda gunakan sebagai obat penghilang rasa nyeri. Selain itu pegal pegal yang dirasakan juga akan berkurang jika Anda mengonsumsinnya secara teratur.

5. Mengobati Diare
Kegunaan kencur yang lain adalah dapat mengobati diare. Diare memang sangat mengganggu karena akan membuat kita bolak balik ke kamar kecil. Apalagi jika Anda seseorang yang sibuk pasti akan sangat menyiksa dan merepotkan. Anda bisa mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan ramuan atau jamu dari kencur.

6. Melegakan Tenggorokan
Salah satu manfaat kencur adalah melegakan tenggorokan. Biasanya aktifitas yang sangat padat bisa mengakibatkan radang tenggorokan dan menimbulkan rasa sakit. Hal ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi jamu tradisional yang di buat dari kencur. Karena kandungan anti bakteri kencur bisa mengobati infeksi dalam tenggorokan.

7. Mengobati Penyakit Maag
Manfaat kencur yang lain ialah sebagai pereda sakit maagh. Penyakit maag ini menjadi salah satu penyakit yang sering dikeluhkan oleh banyak orang. Maag bisa menyerang dengan sangat cepat dan tidak mengenal waktu. Pastinya untuk mengonsumsi obat dengan bahan kimia di dalamnya yang dikonsumsi terus menerus memang tidak baik. Dengan mengkonsumsi jamu racikan dari kencur, Anda dapat memiliki kondisi lambung yang sehat dan terhindar dari maag.

Sebenarnya masih banyak Manfaat Kencur untuk Badan yang lain tapi tidak bisa saya sebutkan satu persatu di sini. Seperti berguna untuk kecantikan sampai menangkal penyakit berbahaya seperti kanker.

Postingan terkait: