Obat Alami Mengatasi Alergi dan Cara Pengobatannya

Obat alergi dari bahan alami

Jamu-racikan, Banyak sekali obat kimia yang dijual di apotek, namun yang banyak di cari masyarakat adalah obat alami untuk mengatasi alerginya. Alergi mungkin bisa di bilang penyakit yang tidak terlalu serius, namun pada kasus tertentu bisa membahayakan nyawa penderitanya.

Alergi bisa artikan sebagai tanda adanya reaksi kimia yang di timbulkan karena suatu hal, semisal makanan tertentu, terkena radiasi, suhu udara tertentu, reaksi terhadap debu, reaksi terhadap hewan dan masih banyak lagi. Jamu-racikan akan membagikan informasi 13 obat alergi dari bahan alami sehingga efek samping nya bisa ditekan semaksimal mungkin. Langsung saja kita bahas di bawah ini

Obat alami untuk mengatasi alergi dan cara pengobatannya

1. Leunca atau Lencak
Sebagai obat alami penangkal alergi, leunca ini juga bisa diandalkan oleh penderita alergi kulit karena efeknya yang ampuh dan alami. Aplikasi leunca sebagai obat alergi dengan memasaknya atau mencampurkan Leunca ke dalam adonan masakan (biasanya di jadikan satu dengan sambal) rasanya juga mantabbb. Atau jadikan obat luar dengan menumbuknya halus, lalu oles ke area kulit yang beruam serta gatal.

2. Cuka Sari Apel
Sudah tak diragukan lagi, cuka sari apel merupakan salah satu obat alergi dingin alami yang paling ampuh. Asalkan Anda menggunakan versi organik dan mentahnya, cuka sari apel ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Untuk kulit beruam dan gatal akibat alergi, cuka sari apel inilah pilihan yang paling tepat.

Obat Alami Mengatasi Alergi dan Cara Pengobatannya
Obat Alami Mengatasi Alergi dan Cara Pengobatannya - cuka apel
Cara mengobati :
Sediakan cuka sari apel secukupnya bersama dengan kapas bersih. Celupkan kapas ini ke dalam larutan cuka sari apel tersebut, lalu kapasnya bisa Anda usapkan ke area yang terkena alergi kulit. Biarkan selama beberapa menit kapas tersebut menempel di sana. Ini akan sangat efektif bila Anda menggunakannya beberapa kali dalam sehari.

3. Lidah Buaya
Dari zaman simbah-simbah dulu sering kita dengar bahwa khasiat lidah buaya untuk kulit begitu besar. Sifat anti-inflamasi, antijamur dan antibakterinya adalah yang bisa Anda andalkan dalam menyembuhkan masalah kulit akibat alergi.

Cara pengobatan :
Ambil ekstrak gelnya yang masih segar secukupnya saja, pakailah dengan cara mengoleskan ke bagian yang terkena alergi tersebut. Tinggalkan selama 20 menit kurang lebihnya lalu bersihkan dengan air sesudah itu. Melakukan metode pengobatan ini sehari 3 kali setiap hari dijamin akan memberikan efek yang  maksimal.

4. Temu Hitam
Alergi kulit dapat disembuhkan dengan menggunakan temu hitam dengan cara menghaluskannya lebih dulu bersama dengan tambahan bumbu dapur lain, yakni kunyit. Hasil temu hitam dan kunyit yang sudah halus bisa digunakan sebagai obat luar yang dibalurkan ke area yang penuh ruam dan gatal. Sehari 3 kali adalah waktu pengobatan yang dianjurkan supaya Anda memperoleh hasil optimal.

5. Minyak Zaitun
Seperti yang kita tahu, minyak zaitun adalah sumber vitamin E dan antioksidan yang cukup besar. Oleh karena itulah banyak wanita yang kemudian melakukan perawatan kulit dengan menggunakan bahan alami ini. Bahkan sudah cukup banyak yang memakai lidah buaya sebagai pelembab kulit.

Cara Pengobatan :
Untuk mengobati alergi kulit, silakan Anda ambil beberapa tetes saja minyak zaitun ini untuk dikombinasikan bersama sedikit madu murni. Campuran inilah yang bisa Anda oles ke area beruam dan gatal di kulit beberapa kali sehari.

6. Daun Thyme atau daun thymus
Sifat anestesi serta anti-inflamasi di dalam daun thyme cukup besar dan bisa dijumpai pada kandungan timolnya. Alasan mengapa thyme ini bagus untuk masalah alergi kulit adalah karena memang kandungan baiknya sangat universal dan salah satunya untuk meredam gatal akibat alergi kulit. Manfaat daun tanaman ini belum banyak yang mengulas karena memang memiliki manfaat yang banyak sekali. Di lain waktu nanti akan saya bahas di posting Jamu-Racikan yang lain

Obat Alami Alergi dan Cara Pengobatannya
Obat Alami Mengatasi Alergi dan Cara Pengobatannya - daun thymus
Cara pengobatan :
Sediakan daun thyme kering 1 sendok makan yang bisa diseduh bersama dengan air mendidih sebanyak 2 cangkir saja. Tutup setelah diseduh untuk menunggunya dingin. Saringlah sebelum Anda memakainya untuk dioles ke bagian yang terkena alergi kulit.

7. Petai Cina
Selain sebagai bahan makanan, Petai cina juga bisa di manfaatkan sebagai obat alergi alami. Tumbuhan ini memiliki efek obat alergi kulit yang cukup ampuh. Ini karena memang petai cina memang sangat baik dalam mengobati kulit kering ditambah gatal-gatal akibat alergi.

Cara Pengobatan :
Sediakan petai cina 60 gram saja bersama daun sirih sebanyak 10 lembar. Setelah dicuci, keduanya dapat Anda rebus dengan 600 ml air. Sesudah mendidih, tunggulah hingga agak lebih dingin, barulah Anda pakai ramuan ini dengan mengoleskannya ke kulit beruam dan gatal-gatal Anda.

8. Lemon
Lemon memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, lemon adalah buah yang mampu mencerahkan kulit secara alami, lemon ini juga sangat kaya akan sifat anti-inflamasi, anestesi dan antiseptik sehingga mampu mencegah peradangan pada kulit akibat alergi.

Cara Pengobatan :
Ambilah 2 buah lemon segar lalu jus dan ambil ekstraknya, setelah mendapat ekstraknya anda bisa langsung usapkan ke area yang gatal dan merah karena alergi. Gunakan kapas bila ingin lebih gampang dan tunggu beberapa waktu untuk membiarkannya kering. Pakai air hangat untuk membasuhnya nanti. Pengobatan ini lebih efektif bila Anda melakukannya rutin setiap hari 2 kali.

9. Daun Kemangi
Daun kemangi bisa menjadi obat alergi alami yang ampuh mengatasi masalah alergi kulit dan gejalanya. Daun kemangi sangat bagus dalam menghilangkan gatal-gatal. Berkat adanya kadar tinggi akan minyak esensial, anestesi topikal serta eugenol, daun ini sangat aman digunakan untuk mengatasi masalah kulit.

Obat Alergi dan Cara Pengobatannya
Obat Alami Mengatasi Alergi dan Cara Pengobatannya - daun kemangi
Cara pengobatan :
Sediakan sesendok makan daun kemangi kering bersama dengan air mendidih sebanyak 2 cangkir. Seduhlah daun kemangi kering tadi, lalu tunggu beberapa menit untuk mendingingkannya. Aplikasikan semuanya ini ke area yang terkena alergi menggunakan kapas atau kain bersih. Bila larutan masih sisa karena tak semuanya terpakai, boleh Anda simpan untuk pemakaian berikutnya.

Cara lainnya menggunakan daun kemangi ini adalah dengan mengambil beberapa lembar daun ini lalu melumatkannya hingga sedikit lebih halus. Balurkanlah ke bagian kulit yang kemerahan serta gatal-gatal dan tunggu kering. Pakai air hangat untuk membilas bila sudah mengering di kulit Anda. Lakukan saja sesering mungkin akan pengobatan ini agar alergi kulit cepat sembuh.

10. Minyak Peppermint
Minyak peppermint adalah obat herbal yang juga bisa Anda pertimbangkan dan bahkan gunakan ketika alergi kulit menyerang. Ini karena minyak peppermint kaya akan sifat analgesik, anti-inflamasi serta antiseptik. Sifat penenang alami juga ada di dalamnya sehingga akan meredakan rasa gatal dan kemerahan.

Cara pengobatan :
Air mandi Anda yang dalam keadaan hangat bisa Anda tambahkan dengan beberapa tetes minyak peppermint. Sederhana saja, Anda tinggal merendam bagian tubuh yang terkena gatal-gatal selama kira-kira 30 menit saja. Setelah itu jangan lupa mengeringkannya dan gunakan pelembab atau body lotion seperti biasanya. Sekali sehari adalah aturan pengobatan menggunakan minyak peppermint ini supaya hasilnya sempurna.

11. Kunyit
Bahan dapur satu ini juga tak kalah efektif dari ketumbar serta bahan herbal lainnya. Bila Anda ingin menggunakannya sebagai solusi dari alergi kulit, pastikan Anda menyiapkan kunyit yang sudah tua. Bahan ini sangat pas dalam mengobati masalah gatal-gatal.

Caranya: Kunyit yang sudah disediakan bisa Anda cuci lebih dulu, barulah Anda tumbuk bersama dengan daun sambiloto beberapa lembar saja. Tumbuk sampai teksturnya halus dan ramuan sederhana inilah yang bisa Anda pakai dengan mengoles hasil tumbukan ke bagian tubuh Anda yang terasa gatal.

Baca juga artikel : Manfaat kunyit
                             Manfaat daun Sambiloto

12. Air Kelapa Hijau
Obat alergi alami yang satu ini mungkin tidak perlu mempunyai penyakit alergi untuk mengkonsumsinya, cukup suasana yang gerah dan panas membayangkan meminum segelas air es kelapa hijau tentu sudah membuat menelan ludah. Kandungan utama air kelapa hijau ini adalah melawan dan membunuh toksin penyebab alergi didalam tubuh.

Cara pengobatan :
Cukup minum air kelapa hijau (kelapa hijau ya bukan kelapa biasa) dan akan mendapat efek maksimal jika di tambahkan sedikit madu.

13. Jahe
Jahe selain bisa dijadikan obat batuk yang manjur, rempah satu ini pun memiliki manfaat besar bagi yang menderita alergi kulit. Karena penggunaan jahe ini sebagai obat dalam, Anda juga perlu memerhatikan takarannya demi menjauhi efek samping jahe bagi kesehatan.

Cara pengobatan :
Untuk mengobati alergi kulit, Anda bisa menyiapkan 15 gram jahe yang Anda bisa tambahkan dengan cuka beras putih sebanyak 30 cc. Bila ingin menambah rasa manis, siapkan pula gula merah sesuai kebutuhan. Rebus seluruh bahan ini bersama air 400 cc hingga mendidih dan airnya menyusut hingga separuhnya. Saringlah air rebusan jahe, lalu minumlah serutin mungkin hingga kondisi membaik.

Catatan :
Mulailah mengkonsumsi dari takaran paling kecil sebelum mengkonsumsi obat alergi dari bahan alami, dan ingat yang namanya obat alami atau obat herbal tidak bereaksi secepat obat-obatan kimia.
Mohon share artikel obat alergi dari bahan alami jika bermanfaat, terimakasih.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Obat Alami Mengatasi Alergi dan Cara Pengobatannya"

Posting Komentar